Written by: M. Dhanavia
Mengejar berkah dalam sebuah pekerjaan itu penting, dan bekerja cerdas menjadi point utama untuk meraih keberkahan. Hidup merupakan sebuah perjuangan yang keras. Butuh pengorbanan tanpa batas demi memperoleh apa yang kita inginkan. Namun alangkah indahnya apabila apa yang kita dapatkan berasal dari sumber pekerjaan yang berkah.
Apa sih berkah itu?. Berkah merupakan seni mindset untuk melakukan kebaikan yang berkesinambungan. Asas pokok dari keberkahan adalah sebuah cara pemahaman untuk mengenal kehidupan yang lebih baik. Apabila titik berkah itu sudah kikis diterpa keegoisan diri demi tujuan yang salah, maka keseimbangan pola hidup tidaklah stabil.
Lantas bagaimana tips bekerja cerdas untuk mengejar berkah ditempat kerja?. Ada 6 tips yang bisa anda lakukan untuk mengejar berkah ditempat kerja.
Pertama, jangan menyakiti perasaan rekan kerja. Hargai semua apa yang ada didalam diri mereka. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan disana. Anda harus mempunyai rasa penerimaan yang besar untuk menerima. Didalam perusahaan anda harus mampu membangun relasi yang baik. Jadilah pribadi yang menyenangkan untuk tim anda. Selalu memaafkan, saling tolong-menolong dan hindari perdebatan yang berlebihan. Hal itu akan membuat bertambahnya jumlah relasi anda. Secara tidak langsung, itu akan mempermudah pekerjaan anda.
Kedua, jangan korupsi waktu. Sudah menjadi kewajiban untuk memaksimalkan jam kerja yang sudah ditentukan oleh perusahaan tempat anda bekerja. Gunakan jam kerja secara tepat, cermat dan profesional. Sehingga anda bisa dikatakan cerdas dalam manajemen waktu.
Ketiga, jujur. Apapun kondisinya jangan melakukan sebuah kebohongan untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang baik. Lakukan pekerjaan sesuai kemampuan anda. Jangan menjadi orang lain karena hanya ingin terlihat hebat atau pintar dimata bos anda.
Keempat, lakukan pekerjaan dengan penuh keikhlasan. Sebuah ketulusan hati akan membawa hasil kerja yang baik dan menginspirasi banyak orang. Bekerja dengan perasaan yang baik akan membuat relasi nyaman saat bekerja bersama dengan anda.
Kelima, jangan tinggalkan ibadah. Sesibuk apapun melakukan sebuah pekerjaan, jangan lalai terhadap kewajiban beribadah. Karena tanpa ibadah, semua aktifitas yang anda lakukan tidak bernilai apa-apa.
Keenam, jika anda adalah seorang pemimpin di perusahaan, anda harus mampu mensejahterahkan semua karyawan yang bekerja dibawah anda. Selalu memberikan respect terhadap prestasi, terbuka menerima kritik dan saran, serta adil dalam mengambil keputusan. Anda harus lebih bisa memahami hal-hal kecil yang ada didalam diri mereka. Bisa jadi sesuatu yang menurut anda kecil, itu adalah hal yang besar dan paling berharga untuk mereka. Pada dasarnya kebahagiaan karyawan adalah terletak di value kebijaksanaan dan seni kepemimpinan anda.
Itulah enam tips sekaligus menjadi alternatif untuk anda apabila anda ingin mengejar berkah ditempat kerja. Kehidupan akan terasa lebih indah apabila anda tahu bagaimana cara mengendalikannya. Berkah kunci kesempurnaan hidup. (dnv)
Sumber Gambar: Hotcourses Indonesia
*Hak paten artikel milik PT Enero